Sunday, June 16, 2013

KONSEP KEBIDANAN

KONSEP KEBIDANAN
Bidan adalah seseorang yang telah menjalani program pendidikan bidan, yang diakui oleh negara tempat ia tinggal serta memenuhi persyaratan untuk terdaftar dan atau memiliki ijin formal untuk praktek bidan.

Bidan dikenal sebagai peofesional yang bertanggung jawab yang bekerja sebagai mitra perempuan dalam memberikan dukungan yang diperlukan. Bidan memiliki tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan tidak hanya untuk wanita tapi juga keluarga dan masyarakat.

FILOSOFI KEBIDANAN
Filosofi adalah pendekatan berfikir tentang kenyataan meliputi tradisi, agama, dan fenomena yang berhubungan. Sedangkan yang dimaksud dengan filosofi kebidanan adalah falsafah atau keyakinan setiap bidan dalam memberikan asuhan kebidanan berpusat pada 3 unsur ( Nilai, Sikap, Kepercayaan) atau bisa juga dikatakan sebagai pandangan hidup penuntun bagi bidan untuk melakukan sesuatu.

PELAYANAN KEBIDANAN
1. Layanan kebidanan primer
Dikerjakan sendiri oleh bidan misalnya asuhan kehamilan normal, asuhan bayi, KB, kesehatan reproduksi, dan asuhan nifas.

2. Layanan kebidanan kolaborasi
Asuhan kebidanan yang diberikan kepada klien dengan tanggung jawab bersama semua pemberi layanan yang terlibat. Misalnya mengkaji masalah yang berkaitan dengan komplikasi, menentukan diagnosa prognosa dan prioritas kegawatan, merencanakan tindakan sesuai dengan prioritas, melaksanakan tindakan sesuai dengan rencana, mengevaluasi hasil tindakan, menyusun rencana tindaka lanjut bersama, mebuat pencatatan dan pelaporan.

3. Layanan kebidanan rujukan
Asuhan kebidanan yang dilakukan dengan menyerahkan tanggung jawab kepada dokter dan lain-lain untuk mengatasi masalah diluar kewenangan bidan. Misalnya mengkaji kebutuhan asuhan kebidanan yang memerlukan tindakan diluar lingkup bidan, menentukan diagnosa untuk kebutuhan intrvensi lebih lanjut, mengirim klien untuk keperluan intrvensi lebih lanjut kepada pelayanan kesehatan dengan dokumentasi yang lengkap,membuat pencatatan dan pelaporan serta dokumentasi semua kejadian dan intervensi.

Praktik kebidanan adalah penerapan ilmu kebidanan melalui pelayanan asuhan kebidanan kepada klien dengan pendekatan manajemen kebidanan. Lingkup praktek kebidanan yakni pengawasan pelayanan kesehatan masyarakat, penyuluhan dan pendidikan kesehatan ibu keluarga dan masyarakat, menetukan KB, serta deteksi kondisi abnormal pada ibu dan bayi.  Pasien memerlukan pelayanan provider yang memiliki karakteristik berupa semangat melayani, simpati, empati, tulus ikhlas dan memberi kepuasan. Sebagai seorang bidan yang memberikan pelayanan maka sebaiknya harus memperhatikan Hal-hal sebagai berikut yakni :
a. Aman
b. Nyaman
c. Privacy
d. Alami
e. tepat




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dayan Leksono Putro, Published at 5:52 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment